whatsapp

WIRAUSAHA

Raup Keuntungan Besar dengan Bisnis Frozen Food

BY PUTRI / 26 Oct 2022

Raup Keuntungan Besar dengan Bisnis Frozen Food

Bisnis frozen food merupakan bisnis yang berpeluang menghasilkan omzet sekaligus keuntungan yang besar. Namun dalam pengerjaan, usaha frozen food ini juga tidak bisa sembarangan. Ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menjalankan usaha. Seperti customer atau pelanggan, brand, dan produk.

Kendati demikian, bukan menjadi penghalang keinginan seseorang untuk memulai merintis usaha. Apalagi di masa pandemi ini, banyak pemain baru yang gigih berlomba-lomba meraup cuan dalam bidang usaha frozen food.

Target pasar frozen food pun sudah tidak meragukan. Di tengah lifestyle hidup yang serba praktis seperti sekarang ini, frozen food akan lebih mempunyai banyak peminat dan pembeli. Kesibukan aktivitas masyarakat menuntut pada gaya hidup efisien akan waktu dan tenaga. Wajar saja apabila frozen food menjadi pilihan utama untuk olahan mereka.

Apa itu Frozen Food?

Frozen food merupakan makanan beku, yakni makanan cepat saji yang tahan lama, tidak mudah basi karena penyimpanannya di suhu dingin (keadaan beku). Untuk penyajiannya, hanya perlu dengan menggoreng atau mengukus, tergantung pada petunjuk penyajian di kemasan.

Makanan beku ini telah lahir sekitar 3000 tahun sebelum masehi. Masyarakat China dan Romawi memanfaatkan es salju untuk mengawetkan makanannya di sepanjang musim. Namun di Indonesia, makanan beku baru ada setelah tahun 1930 dengan pelopor adalah orang-orang China dan Jepang. Clarence Birdseye memperkenalkan produk makanan bekunya seperti sayuran, buah, seafood serta daging. Dalam proses pembekuan olahan makanan setengah matang ini harus melalui beberapa tahap. Mulai dari persiapan bahan baku, proses percetakan, pelapisan, penggorengan, pembekuan, hingga pada proses pengemasan.

Kali ini frozen food hadir tidak hanya sebatas berbahan daging sapi atau ayam dalam pembuatan nugget dan sosis. Akan tetapi, makanan seperti bakpao, pizza, donat, dan jenis lainnya sudah menjadi dari bagian bisnis usaha frozen food juga. Ada pula jenis makanan beku yang berbahan dasar ikan. Contohnya seperti risol, samosa, nugget udang, tempura, hingga siomay ikan dan olahan makanan lainnya.

Peluang Usaha Frozen Food

Banyak orang yang memilih olahan frozen food sebagai alternatif jika sedang tidak memasak atau membutuhkan makanan yang praktis dan cepat saji. Nah, sebenarnya bagaimana peluang usaha frozen food rumahan? Simak penjelasannya berikut ini:

Modal yang Dibutuhkan

Dalam memulai usaha frozen food rumahan, Anda perlu menyiapkan beberapa modal. Modal yang diperlukan memanglah cukup tinggi karena harus memiliki lemari pembeku atau freezer. Namun, Anda bisa memanfaatkan kredit usaha seperti Kredit Pensiun untuk mencukupi biaya modal usaha. Selain itu, Anda juga bisa menyewa lemari pembeku ke beberapa penyedia jasa sewa lemari pembeku.

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan beberapa hal seperti biaya promosi dan biaya operasional agar nantinya Anda tidak kesulitan dalam mengatur keuangan usaha Anda.

Tips Usaha Frozen Food Rumahan

Selain modal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga ketika akan memulai bisnis frozen food, antara lain:

  • Menentukan produk yang akan dijual berdasarkan survei pasar.
  • Untuk awalan, jangan membeli terlalu banyak dengan alasan sebagai stok. Mulailah dengan stok sedikit terlebih dahulu untuk melihat minat orang-orang.
  • Perhatikan metode pemasaran, Anda bisa melakukan promosi dengan cara door-to-door maupun secara online melalui media sosial.
  • Jika Anda ingin menjual frozen food hasil olahan sendiri, maka Anda akan memerlukan beberapa lisensi makanan agar bisnis Anda lebih terpercaya di mata para pelanggan.

Setelah mengetahui modal dan tipsnya, bagaimana dengan peluang usahanya? Berjualan frozen food rumahan memiliki peluang yang bagus, apalagi saat menjelang bulan Ramadan.

Banyak orang yang menjadikan frozen food sebagai makanan alternatif yang praktis untuk berbuka maupun santap sahur. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan hobi atau skill Anda dalam mengolah frozen food untuk menciptakan produk frozen food sendiri.

Untuk merintis usaha di bidang kuliner, bisnis frozen food ini membuka peluang cukup besar. Gunakan komitmen dan konsisten agar usaha Anda berjalan dengan lancar.

Lainnya

Persiapkan Tabungan Anda ! Ini Batas Usia Pensiun PNS, TNI dan Polri

BY PUTRI

Digitalisasi Umkm Sebagai Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Perekonomian Pasca Pandemi

BY PUTRI

Ampuh! Cegah Stroke dengan Senam Ringan Setiap Hari

BY PUTRI