whatsapp

OLAHRAGA

Renang, Olahraga Ringan dengan Segudang Manfaat Bagi Lansia

BY PUTRI / 16 Jun 2022

Renang, Olahraga Ringan dengan Segudang Manfaat Bagi Lansia

Semua orang tahu bahwa olahraga itu baik untuk Anda. Namun seiring bertambahnya usia, kita cenderung kurang berolahraga.  Jatuh dan terluka adalah masalah besar bagi orang dewasa yang lebih tua, dan para peneliti berpikir bahwa aktivitas fisik dapat menurunkan risiko orang jatuh. Tapi sekarang, sebuah studi baru menunjukkan bahwa satu-satunya jenis olahraga yang menurunkan risiko jatuh pada orang dewasa yang lebih tua adalah berenang.

Para peneliti di Australia mengamati sekitar 1.700 pria berusia 70 tahun ke atas, dan membandingkan jenis olahraga yang dilakukan pria dengan kemungkinan mereka jatuh selama periode empat tahun. Ada hampir 2.700 lansia terjatuh selama penelitian.

Pria dalam penelitian yang berolahraga renang 33 persen lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh dibandingkan dengan semua pria dalam penelitian tersebut. Sebaliknya, pria yang melakukan bentuk latihan lain seperti bermain golf, senam, atau sepeda stasioner, lebih besar kemungkinan cederanya. Untungnya, berenang menawarkan manfaat aerobik dari joging dan manfaat kekuatan dari angkat besi tanpa melukai persendian atau membuat otot Anda tegang.

Sekarang mari kita lihat lebih dekat manfaat renang bagi kesehatan bagi para lansia.

Latihan Ringan yang Ideal untuk Sendi

Berenang adalah olahraga berdampak rendah dan tidak menahan beban. Itu berarti tidak memberi tekanan pada tulang belakang, lutut, atau pinggul; pada kenyataannya, daya apung air menopang sebagian dari berat badan Anda dan mengurangi efek gravitasi, yang mengurangi beberapa ketegangan biasa pada sendi-sendi ini. Ini sangat membantu untuk manula yang memiliki kondisi seperti radang sendi atau fibromyalgia. Menurut sebuah studi 2016, berenang membantu menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup di antara orang-orang dengan osteoarthritis lutut dan fibromyalgia.

Meningkatkan Fleksibilitas & Rentang Gerak

Dengan mengurangi ketegangan pada persendian, daya apung air memungkinkan perenang untuk lebih mudah menggerakkan anggota tubuh mereka melalui berbagai gerakan. Melakukan ini secara teratur membantu menjaga sendi tetap lentur dan meningkatkan fleksibilitas, faktor penting untuk kesehatan dan kesejahteraan orang dewasa yang lebih tua. Untuk orang lanjut usia dengan rentang gerak terbatas di darat, peregangan di dalam air adalah cara yang baik untuk meningkatkan fleksibilitas.

Meningkatkan Stabilitas, Mengurangi Risiko Jatuh

Berenang melatih semua otot utama, menghasilkan otot yang lebih kuat secara keseluruhan, terutama tubuh bagian atas, otot inti, dan otot kaki – semuanya penting untuk postur dan stabilitas, yang mengurangi risiko jatuh. Sebuah studi yang dilakukan di Australia mengevaluasi 1.700 pria berusia 70 tahun ke atas dan menemukan bahwa mereka yang berenang memiliki kemungkinan 33% lebih kecil untuk jatuh dibandingkan dengan pria yang tidak berenang.

Terlebih lagi, pria yang mengikuti olahraga lain selain berenang (seperti bermain golf atau menggunakan treadmill atau sepeda stasioner) tidak kecil kemungkinannya untuk jatuh dibandingkan dengan mereka yang hanya berpartisipasi dalam renang.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Menurut Swim Strong Foundation, berenang selama 30 menit per hari dapat menurunkan penyakit jantung koroner (PJK) sebesar 30 hingga 40 persen pada wanita. Pria dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 lebih dari 10 persen jika mereka berenang gaya dada selama 30 menit tiga kali seminggu, membakar sekitar 900 kalori.

Latihan aerobik teratur seperti berenang mengurangi tekanan darah dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Peningkatan 1 persen kolesterol HDL mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 3,5 persen. Jika orang dewasa yang menua memiliki kondisi medis, seperti kondisi jantung, yang mungkin diperparah oleh latihan aerobik, sebaiknya mereka memeriksakan diri ke dokter sebelum memulai aktivitas baru. Jika penyedia layanan kesehatan mengatakan aman untuk berenang, manfaatnya bagi kesehatan jantung akan signifikan.

Memberi Kesempatan untuk Bersosialisasi

Program renang lansia atau kelas latihan air kelompok memberikan kesempatan bagi orang dewasa yang lebih tua untuk bersosialisasi dan bertemu orang baru. Ada studi yang menemukan bahwa berpartisipasi dalam suatu kelompok dapat berkontribusi pada kesehatan yang seimbang di antara para lansia, memberikan rasa kebersamaan dan keterhubungan sosial yang dapat membantu mengurangi perasaan isolasi sosial dan depresi

Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa 50% orang dewasa yang lebih tua mengalami kesulitan tidur, dan kurang tidur menyebabkan peningkatan risiko kematian. Studi lain menemukan bahwa latihan aerobik, seperti berenang, meningkatkan kualitas tidur dan kualitas hidup orang dewasa yang lebih tua.

Berenang membakar banyak kalori dan melatih semua kelompok otot utama, membuat orang dewasa yang lebih tua cukup lelah secara fisik untuk membuat tidur lebih mudah. Banyak juga yang mengatakan bahwa berenang membuat mereka merasa rileks, yang merupakan bahan penting untuk tidur malam yang nyenyak.

Karena berenang adalah cara yang baik untuk merilekskan tubuh dan pikiran, berenang juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Mempertimbangkan manfaat sosial dari berpartisipasi dalam latihan dan aktivitas kelompok, mulai berenang secara teratur adalah ide yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Lainnya

Lakukan 5 Hal Ini Secara Rutin Untuk Mencegah Serangan Jantung

BY PUTRI

4 Hal Yang Perlu Di Siapkan Ketika Masa Pensiun!

BY ANDERSON SEBASTIAN

Inilah Beberapa Tips buat Kamu yang Sedang Frustasi Mencari Pekerjaan

BY PUTRI