whatsapp

BERITA

Sejarah Hari Veteran Nasional yang Diperingati Tiap 10 Agustus

BY PUTRI / 10 Aug 2022

Sejarah Hari Veteran Nasional yang Diperingati Tiap 10 Agustus

Hari ini bangsa Indonesia memperingati Hari Veteran Nasional.  Keputusan peringatan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2014. Serta, sebelum Keppres ini diputuskan, Sukarno sudah menetapkan Hari Veteran Nasional pada 10 Agustus 1949.

Penetapan Hari Veteran Nasional tak lain bertujuan mengingat jasa dan pengorbanan veteran Republik Indonesia (RI) yang telah berjuang, membela, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Peringatan Hari Veteran Nasional juga diadakan untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949 setelah para Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia melawan pasukan Belanda. Lalu bagaimana asal mula penetapan Hari Veteran Nasional?

Sejarah Hari Veteran Nasional

Melansir dari Kementerian Pertahanan RI melalui laman kemenhan.go.id, pemilihan hari veteran pada 10 Agustus berdasarkan peristiwa sejarah yaitu gencatan senjata antara Indonesia dan Belanda pada 10 Agustus 1949. Pada 10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Veteran Nasional karena memiliki tujuan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan, serta sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan dari pemerintah dan rakyat Indonesia. Selain itu, bertepatan dengan peristiwa gencatan senjata melalui perjanjian “Roem Van Royen”. Para Veteran Indonesia telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan melawan Tentara Belanda.

Veteran merupakan seseorang yang memiliki pengalaman di bidang militer (tempur) atau penegakan hukum (kepolisian). Lebih lengkapnya, Veteran Nasional Indonesia adalah warga negara Indonesia yang pernah bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah serta berperan aktif dalam peperangan ketika menghadapi negara lain.

Para veteran ini merupakan pahlawan yang telah mengorbankan tenaga, waktu, hingga nyawanya untuk mempertahankan negara demi kepentingan banyak orang. Oleh karena itu, peringatan Hari Veteran Nasional selaras dengan ucapan Bung Karno, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.”

Indonesia sudah mengakui jasa-jasa Veteran RI melalui penerbitan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia. Melalui UU ini, Pemerintah Indonesia memberi tanda kehormatan kepada para Veteran RI. Selain itu, peringatan Hari Veteran Nasional ditetapkan diperingati setiap 10 Agustus.

Jenis Veteran Nasional Indonesia

Para Veteran juga dikelompokkan berdasarkan masa baktinya.

Pengelompokan tersebut sebagai berikut:

  1. Veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia

Veteran yang berjuang pada periode 17 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1949.

  1. Veteran Pembela Trikora

Veteran yang berjuang pada periode 19 Desember 1961 sampai dengan 01 Mei 1963.

  1. Veteran Pembela Dwikora

Veteran yang berjuang pada periode 3 Mei 1964 sampai dengan 11 Agustus 1966.

  1. Veteran Pembela Seroja

Veteran yang berjuang pada periode 21 Mei 1975 sampai dengan 17 Juli 1976.

  1. Veteran Perdamaian

Veteran perdamaian adalah para pejuang yang ditetapkan sebagai pahlawan berdasarkan mandat PBB.

Lainnya

5 Cara Menabung untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN

Bukan Hanya Wortel, Ini 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

BY PUTRI

7 Cara Mencegah Orang tua kamu tertular dari Virus Covid-19

BY ANDERSON SEBASTIAN