whatsapp

OLAHRAGA

Sejarah Penetapan Hari Olahraga Nasional yang Diperingati Setiap 9 September

BY PUTRI / 9 Sep 2022

Sejarah Penetapan Hari Olahraga Nasional yang Diperingati Setiap 9 September

Mengutip Harian Kompas, 9 September 1983, peringatan Hari Olahraha Nasional ditetapkan Presiden Kedua RI Soeharto pada 9 September 1983 ketika meresmikan pemugaran Stadion Sriwedari di Surakarta. Selain bertepatan dengan pemugaran stadion pertama yang dibangun bangsa Indonesia, pemilihan tanggal 9 September juga dimaksudkan untuk mengenang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-1. Penyelenggaraan PON saat itu terjadi karena kesulitan yang dialami atlet Indonesia untuk mengikuti olimpiade internasional.

Pada 1948, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) ingin mempersiapkan atlet Indonesia untuk mengikuti ajang Olimpiade Musim Panas XIV di London. Namun, karena status PORI saat itu belum menjadi anggota Internasional Olympic Committee (IOC) maka atlet Indonesia menghadapi kendala untuk berangkat. Selain itu, status Indonesia sebagai sebuah negara dalam dunia Internasional juga belum jelas karena pengaruh Belanda. Paspor atlet Indonesia tak diakui oleh Inggris. Sedangkan, atlet-atlet Indonesia hanya bisa berpartisipasi di London dengan memakai paspor Belanda. Berbagai upaya pendekatan dilakukan Indonesia kepada Inggris, namun hasilnya nihil. Gelaran PON pertama gagal bergabung dengan olimpiade tidak membuat PORI patah arang. Mereka kemudian ingin menghidupkan acara olahraga bertaraf nasional yang diikuti berbagai provinsi di Indonesia. Akhirnya, Kota Surakarta terpilih menjadi tempat penyelenggara perhelatan olahraga nasional tersebut.

Pada saat itu, penyelenggaraan PON menghadapi sejumlah tantangan, seperti keterbatasan dana dan juga waktu persiapan yang mepet, hanya satu setengah bulan. Tidak hanya itu, tantangan juga datang dari pihak kolonial Belanda yang saat itu masih menjaga pos-pos penting di Indonesia. Setelah melalui berbagai tantangan itu, akhirnya pada 9 September 1948 di Stadion Sriwedari, PON pertama berhasil digelar. Presiden Pertama RI Soekarno membuka acara itu sekaligus menandai salah satu momentum bersejarah bagi dunia olahraga Indonesia. Kini, ajang olahraga yang melibatkan atlet terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia itu diadakan secara rutin setiap empat tahun sekali.

Tema Hari Olahraga Nasional 2022

Dilansir situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), tema peringatan Hari Olahraga Nasional 2022 adalah Bersama Cetak Juara. Tema tersebut tercantum dalam media publikasi Haornas 2022, seperti logo, spanduk, baliho, dan umbul-umbul.

Logo Hari Olahraga Nasional 2022 memiliki filosofi berupa:

  • Paduan warna adalah simbol kolaborasi berbagai pihak sebagai kunci suksesnya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pada tahun 2022.
  • Gambar Sayap Garuda adalah lambang/ikon Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur sebagai tempat pelaksanaan puncak acara Haornas tahun 2022.

Lainnya

5 Negara yang Banyak di kunjungi setelah Memasuki masa Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN

Yuk, Intip 5 Tips Membuka Toko Kelontong dengan Modal Kecil

BY PUTRI

Inilah Manfaat Bunga Lavender, Bisa Redakan Rasa Cemas Hingga Melawan Insomnia

BY PUTRI