whatsapp

KESEHATAN

Tingkatkan Daya Ingat dengan Mengonsumsi 7 Jenis Makanan Ini

BY PUTRI / 31 Aug 2022

Tingkatkan Daya Ingat dengan Mengonsumsi 7 Jenis Makanan Ini

Apakah Anda sering lupa meletakkan barang? Itu mungkin hanya kejadian kecil dari sekian banyak episode lupa dalam hidup. Setiap orang akan mengalaminya.

Pikun atau menurunnya kemampuan daya ingat biasanya jadi salah satu tanda penuaan. Meski demikian, Anda yang masih berusia muda juga bisa mengalaminya, lho. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi makanan tertentu yang bisa jadi obat pikun.

Melansir laman Mayo Clinic Health System, Anda bisa memilih makanan yang mengandung lemak sehat serta berbagai makanan nabati yang kaya fitonutrien untuk kebaikan otak Anda.

Fitonutrien adalah senyawa antioksidan yang ada dalam berbagai tanaman. Senyawa ini dapat membantu memperlambat proses penuaan serta mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit otak.

Lantas, apa saja daftar makanan yang bisa meningkatkan daya ingat? Berikut pilihannya untuk Anda.

  1. Ikan

Ikan seperti salmon, mackerel, sarden, dan trout yang kaya akan sumber asam lemak omega 3 sangat membantu pencegahan kehilangan ingatan. Omega 3 dibutuhkan untuk membangun sel otak dan saraf, dan lemak ini penting untuk belajar dan menyimpan memori.

Sebuah studi menemukan, memakan ikan seminggu sekali dapat membantu perlindungan dari fungsi otak. Omega 3 juga dapat memperlambat penuaan mental dan membantu mencegah penyakit Alzheimer.

  1. Kacang – kacangan

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Selain itu, kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang tua yang mempunyai masalah secara kognitif seperti pikun, alzheimer dan demensia.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang cukup banyak mengandung zat besi, kalium, magnesium dan folat adalah kacang polong. Nutrisi pada kacang tersebut sangat penting untuk neuron dan kesehatan fungsi tubuh lainnya.

  1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam bisa dijadikan camilan setiap hari. Tak perlu merasa bersalah, cokelat hitam menawarkan manfaat buat kesehatan.

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang baik untuk otak. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neuroscience and Biobehavioral Review menyebut, cokelat hitam dapat meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat seiring terjadinya penuaan.

  1. Telur

Dalam sebuah telur terdapat kendungan vitamin B12 dan kolin yang dapat berfungsi untuk menyehatkan sel-sel pada otak. Bahkan, manfaat telur tersebut sudah dapat diterima oleh bayi yang masih ada di dalam kandungan.

Kandungan kolin pada telur sangat penting untuk perkembangan pusat daya ingat yang ada di otak (hippocampus), sedangkan dalam kuning telur terdapat vitamin B12 berfungsi sebagai vitamin untuk mencegah pikun.

  1. Buah Beri

Beri memiliki bermacam manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk otak. Buah beri seperti blueberries dan ceri dapat mengantarkan antokianin, kelompok banyak kandungan dengan efek anti inflamatori dan antioksidan yang mengatasi penuaan pada otak dan meningkatkan daya ingatan.

  1. Kopi

Tak cuma menjadi bagian dari gaya hidup, kopi juga menawarkan manfaat kesehatan. Studi menemukan, kopi dapat membantu kesehatan otak. Riset yang diterbitkan di jurnal Practical Neurology menyebut, konsumsi kopi bisa mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

  1. Gula

Selain sebagai salah satu bahan bakar tubuh, gula juga dapat membantu seseorang terhindar dari pikun saat masuk fase lansia.

Fungsi otak yang ada hubungannya dengan daya ingat dapat diperbaiki dengan cara mengonsumsi gula. Hal ini disetujui oleh Paul E. Gold, yaitu seorang professor psikologi dan psikiatri. Meskipun gula dapat membantu mencegah kepikunan terjadi, bukan berarti pemanis ini dapat dikonsumsi dalam jumlah yang besar ya.

Tetap perhatikan dengan baik konsumsi gula dalam sehari-hari agar tidak terkena diabetes di usia senja.

Buatkanlah menu makanan yang disukai oleh orang tua atau lansia menggunakan bahan-bahan utama seperti di atas. Hal ini dapat menjadi obat pelupa alami yang sangat mudah dan murah didapatkan.

Meskipun pun Anda belum memasuki usia senja, sebaiknya mulailah untuk rajin mengkonsumsi makanan-makanan pencegah pikun di usia dini.

Lainnya

8 Manfaat Buah Pisang Bagi Pensiunan

BY PUTRI

Raup Keuntungan Besar dengan Bisnis Frozen Food

BY PUTRI

Bisa Meningkatkan Fungsi Kognitif, Inilah Rekomendasi Games yang Cocok Dimainkan Lansia

BY PUTRI