whatsapp

WIRAUSAHA

Tips Memulai Bisnis Toko Roti Untuk Pensiunan

BY PUTRI / 30 Jun 2022

Tips Memulai Bisnis Toko Roti Untuk Pensiunan

Semua bidang pekerjaan pasti menetapkan batas usia pensiun bagi pegawainya. Masa pensiun sangat identik dengan kegiatan santai dirumah tanpa perlu pergi ke kantor setiap harinya. Namun tidak semua pegawai senang saat memasuki usia pensiun.

Masa pensiun menjadi momok yang menakutkan khususnya untuk seseorang yang tidak mempersiapkan diri ketika sudah bebas tugas dari pekerjaannya. Masa pensiun memang menyenangkan berkumpul bersama keluarga dan cucu, sebelum benar-benar pensiun pastikan Anda sudah memiliki rencana ke depannya. Ketika sudah tidak mendapat gaji setiap bulannya, ada baiknya Anda mulai membuka bisnis kecil untuk memenuhi kebutuhan harian. Pastikan memilih jenis bisnis yang tepat dan sesuai dengan minat Anda, agar bisnis menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Bisnis toko roti memiliki peluang yang masih terbuka lebar. Menjalankan bisnis ini juga berpotensi mendatangkan keuntungan yang cukup besar bagi Anda. Alasannya, karena kebutuhan roti, cake dan bakery akan selalu tinggi dan tidak mengenal tren atau hari tertentu. Apalagi jika Anda memiliki keahlian dekorasi kue yang unik dan cantik, maka potensi bisnis ini akan semakin besar untuk Anda.

Peluang bisnis ini memang sangat menjanjikan. Meski begitu, sebagai pemula diharuskan untuk mengetahui apa saja jenis bisnis  yang ada.  Berikut kami akan ulas beberapa jenis bisnis roti :

Bisnis roti rumahan

Salah satu cara memanfaatkan roti untuk bisnis Anda adalah dengan membuat bisnis ini dengan level rumahan. Biasanya bisnis roti rumahan ini adalah bisnis ibu-ibu rumah tangga atau ibu pekerja yang memiliki kemampuan memasak terutama baking.

Bisnis rumahan ini umumnya didasarkan dari mulut ke mulut atau dipopulerkan dengan menggunakan sosial media. Biasanya jarang orang tahu bahwa sebuah rumah menjalankan bisnis ini. hal ini disebabkan karena rumah tidak akan memiliki tanda seperti kios. Pasalnya semua produk dibuat dengan sistem pre order jadi tidak ada stok.

Bisnis cafe

Jenis bisnis roti lainnya yang bisa Anda coba adalah bisnis cafe. Jika Anda memiliki kemampuan untuk memasak kue dan juga gemar membuat kopi, maka bisnis cafe bisa jadi cafe bisa menjadi pilihan.

Dengan memulai bisnis cafe, Anda bisa menjual kopi dan juga cake dengan banyak model menarik. Anda juga bisa menjual cake dalam bentuk slice sehingga cake Anda bisa dibeli dengan harga yang lebih murah dan menjangkau semua orang.

Menjual cake dalam bentuk potongan memang lebih menguntungkan karena Anda bisa membuat 1 cake saja dengan banyak hiasan. Konsumen yang membutuhkan hidangan manis tapi tidak dalam jumlah banyak juga bisa membeli kue potongan agar harganya tidak terlalu mahal.

Toko Roti

Jenis bisnis roti terakhir yang bisa Anda coba adalah bisnis toko cake dan bakery. Bisnis cake dan bakery merupakan salah satu jenis bisnis yang paling umum untuk menjual cake atau kue tart. Bisnis ini mungkin akan membutuhkan banyak tenaga dalam pembuatan kuenya.

Biasanya khusus toko cake dan bakery akan membutuhkan banyak varian kue yang berbeda. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian konsumen. Makin banyak varian cake, maka makin besar daya tarik toko kue yang Anda miliki dan makin besar juga keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Jika Anda ingin membuat sebuah toko , Anda tidak hanya harus memiliki kemampuan membuat kue tart tapi juga kue yang lainnya. Akan lebih baik jika Anda menggunakan jasa pastry chef untuk membuat resep-resep baru di toko milik Anda. Sayangnya, jika Anda menggunakan jasa pastry chef untuk membuat resep kue maka Anda harus siap untuk membayar tersebut dengan harga yang cukup mahal ya!

Jika Anda memang belum memiliki modal yang besar, maka membuat kue ulang tahun dengan level bisnis rumahan bisa menjadi pilihan kamu. Selain membutuhkan modal yang lebih ringan, kamu juga bisa membangun pasar yang kuat untuk toko kue kamu di masa depan.

Cara ini akan membuat nama baik sebagai pembuat kue tart dengan kualitas tinggi, jika sudah punya nama memulai bisnis roti dengan level toko cake and bakery di masa depan bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Tips Memulai Bisnis Cake dan Bakery Bagi Pemula

Setelah Anda memutuskan jenis toko roti yang ingin Anda jalankan dan produk roti dan kue apa yang ingin Anda produksi, ini saatnya mencari tahu langkah untuk merencanakan dan membuka toko roti impian Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan untuk memulai bisnis atau usaha cake dan bakery:

  1. Menentukan produk yang ingin dijual

Hal pertama sebelum menjalani bisnis toko roti yang sebaiknya Anda lakukan adalah menentukan produk roti apakah yang akan dijual. Untuk melakukannya, Anda dapat mengadakan survei pada kompetitor Anda, terutama roti-roti yang mereka jual dan tentunya jangan lupa untuk memperhitungkan selera calon konsumen atau masyarakat sekitar. Jika Anda ingin produk yang berbeda dari kompetitor, Anda harus memproduksi roti yang lebih unik.

  1. Memberanikan diri untuk menyewa tempat dan tenaga kerja

Jika Anda menginginkan berbisnis toko roti berskala besar, Anda sebaiknya memiliki keberanian untuk menyewa tempat dan membayar tenaga kerja. Anda dapat mencari tempat yang strategis untuk dapur beserta tokonya.

Apabila keberanian Anda masih setengah-setengah, Anda dapat menghubungi call center Kreditpensiun.com sebagai back up penyediaan pinjaman untuk modal usaha awal toko roti Anda.

  1. Memberikan sampel atau tester roti

Jangan lupa untuk menyisakan roti yang Anda produksi sebagai tester. Pelanggan yang penasaran akan lebih penasaran lagi jika ia diberi secuil tester. Selain dapat memancing rasa penasaran pelanggan akan kelezatan roti yang toko Anda produksi, memberikan tester juga akan memfasilitasi pemasaran via mulut ke mulut. Keefektifan pemasaran jalur ini merupakan hal yang cukup efektif karena review dari orang yang dikenal bisa memberikan kepercayaan yang lebih daripada pemasaran jalur iklan dan yang lain

  1. Melakukan strategi pemasaran

Jika sebelumnya telah dibahas pemasaran via mulut ke mulut melalui kelezatan tester, kini adalah strategi pemasaran pada umumnya. Kini, strategi pemasaran yang kerap digunakan ialah strategi pemasaran secara daring. Anda dapat mengawali strategi pemasaran ini dengan mulai membuat logo, branding, hingga pengelolaan media sosial yang berkala.

  1. Jangan lupakan inovasi

Inovasi adalah hal yang terpenting setelah kelezatan roti. Karena manusia kerap bosan dengan suatu varian yang itu-itu saja. Nah untuk melakukan inovasi, Anda dapat membuat varian bentuk dan rasa baru. Selain itu, Anda dapat membuat desain baru tiap kemasan roti Anda. Untuk inovasi dalam pemasaran, Anda bisa melakukan kampanye yang berbeda di setiap bulannya di media sosial.

Lainnya

Laundry, Usaha yang Menjanjikan untuk Pensiunan

BY PUTRI

Kelebihan Beternak Ayam Kampung Ketimbang Ayam Negeri

BY ANDERSON SEBASTIAN

Peringatan Hari Bhayangkara ke-76 : Mengenal Makna Logo dan Sejarah Terbentuknya Polri di Indonesia

BY PUTRI