whatsapp

WIRAUSAHA

Ubah Sampah Jadi Cuan ! Begini Cara Daur Ulang Sampah Plastik

BY PUTRI / 12 Oct 2022

Ubah Sampah Jadi Cuan ! Begini Cara Daur Ulang Sampah Plastik

Di Indonesia, masih banyak orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya, terutama sampah plastik yang butuh waktu ratusan tahun untuk hancur di dalam tanah. Ada juga yang sudah bisa membuang dan mengelola, tapi dengan cara dibakar. Kalau sampah organik masih bisa dimaklumi, tetapi kalau sampah anorganik seperti plastik, karet, atau bahan-bahan olahan lainnya, asapnya justru membahayakan kesehatan lho!

Sampah plastik adalah musuh lingkungan. Tidak seperti zat yang bisa terurai, plastik tidak dapat terurai dengan cara alami. Miliaran produk plastik telah memenuhi bumi, sebagian besar barang yang digunakan dan temukan sehari-hari, seperti botol, sikat gigi, mug, ember, bak mandi, wadah, kantung, dan banyak lagi.

Pemanfaatan bahan plastik dirasa sangat penting. Selain membantu mengurangi bahan yang tidak dapat terurai dengan cara alami masuk kedalam bumi, banyaknya bahan plastik juga memberi peluang usaha yang sangat besar. Salah satunya bisnis daur ulang sampah plastik yang diketahui bisa sangat menguntungkan jika dilakukan dengan perencanaan yang tepat. Berikut cara mendaur ulang plastik di pabrik daur ulang plastik skala kecil.

Tips memulai usaha daur ulang sampah plastik

  1. Siapkan modal yang cukup untuk membeli plastik bekas yang bisa didaur ulang dari para pemulung. Juga untuk kelancaran bisnis ke depannya
  2. Pastikan Anda punya lahan yang luas untuk tempat penyimpanan limbah plastik bekas dan hasil biji plastiknya. Tempat ini juga yang akan dijadikan sebagai tempat penyortiran jenis plastik dengan jenis pengolahan yang berbeda
  3. Siapkan timbangan dan mesin penggiling plastik untuk mengolah limbah plastik menjadi biji plastik. Untuk awalan, gunakan mesin penggiling dengan kapasitas cukup saja, jangan terlalu memaksakan, yang penting usaha bisa jalan
  4. Pelajari dan pahami berbagai metode daur ulang sampah plastik, mulai dari pengolahan hingga pengelolaan modalnya biar arus kas tetap lancar. Perbanyak belajar dan bertukar pikiran dengan para pelaku bisnis serupa.
  5. Rekrut beberapa karyawan yang bertugas untuk membersihkan, menyortir, dan mengolah plastik bekas. Tidak perlu banyak-banyak, asal bisa mencukupi kebutuhan SDM usaha Anda saja
  6. Mencari koneksi pengepul sampah plastik dan pembeli biji plastik sebanyak mungkin untuk diajak bekerja sama, perusahaan pembuat plastik, misalnya. Asalkan pengolahan biji plastik Anda rapi dan bersih, tentu mitra Anda akan memberi harga yang lebih bagus

Jenis-jenis plastik dalam bisnis daur ulang sampah plastik

Tidak semua jenis plastik bisa didaur ulang. Berikut beberapa jenis plastik yang bisa didaur ulang dan dibuat menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat.

Polietilena Tereftalat (PET)

Plastik ini terbuat dari minyak mentah dan umumnya berwarna jernih atau tembus pandang. Produk yang paling banyak menggunakan plastik PET adalah air mineral, air minum kemasan, jus buah dan sebagian besar botol plastik sekali pakai lainnya. Ciri-cirinya adalah terdapat kode 1 di bawah botolnya.

High Density Polyethylene (HDPE)

Jenis plastik HDPE kerap digunakan pada botol oli, deterjen, atau produk makanan kemasan karena teksturnya lebih keras dan kuat. Selain itu, galon, tas kresek, dan dot susu juga menggunakan jenis plastik ini karena sifatnya tahan suhu tinggi. Cirinya biasanya tidak berbintik, tidak bau, dan tidak gampang jebol.

Polyvinyl Chloride (PVC)

Jenis plastik ini adalah yang paling susah didaur ulang karena terbilang stabil dan tahan cuaca, elektrik, dan bahan kimia. Biasanya digunakan untuk konstruksi bangunan dan pipa air.

Low Density Polyethylene (LDPE)

Jenis plastik ini biasanya bertekstur lembek dan dipakai untuk tempat makanan. Kode ini masih bisa didaur ulang, namun tidak bisa dihancurkan.

Polypropylene (PP)

Jenis PP sangat kuat dan tahan terhadap kimia dan titik lelehnya tinggi. Biasanya jenis ini dipakai untuk botol bayi, makanan, botol minum dan lainnya. Plastik ini kalau didaur ulang nanti akan jadi casing baterai, sikat, sapu, dan lain-lain.

Kalau Anda benar-benar ingin mencoba bisnis daur ulang sampah plastik, siapkan mental yang kuat karena bisnis ini tentu berhubungan dengan ‘kotoran’. Namun berbekal kreativitas dan pantang menyerah, usaha apa pun tentu akan berhasil, termasuk juga bisnis daur ulang sampah plastik. Semoga menginspirasi, ya!

Lainnya

Inilah Gerakan mudah yang dapat memperkuat Tulang untuk Mencegah Osteoporosis

BY ANDERSON SEBASTIAN

Air Purifier, Si Penjernih Udara yang Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

BY PUTRI

Temui Karakter Baru Pemeran Stranger Things Season 4

BY PUTRI