whatsapp

HIBURAN

Yuk! Kenali Produk Layanan Kta Yang Populer Di Kalangan Masyarakat

BY PUTRI / 25 Apr 2022

Yuk! Kenali Produk Layanan Kta Yang Populer Di Kalangan Masyarakat

 

Setiap hari kita pasti memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi seperti membeli keperluan dapur, memberi uang saku anak, dan juga membeli kebutuhan – kebutuhan lainnya yang membuat dompet terasa menipis. Bukan hanya itu, kita juga memiliki kebutuhan yang memiliki nilai besar seperti membayar uang kuliah anak, membayar cicilan rumah atau kendaraan yang harus selalu bisa diatasi. Oleh karena itu kita selalu dituntut untuk pandai dalam mengelola keuangan setiap bulannya. Namun, terkadang masih banyak pengeluaran tidak terduga yang biayanya menguras bahkan melebihi uang pendapatan yang diperoleh, sehingga membutuhkan dana segar dari pihak lain.

Di era maju seperti sekarang ini mengajukan kredit bukan lagi hal yang tabu. Banyak produk layanan kredit yang digandrungi oleh masyarakat masa kini, seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Khusus untuk layanan produk KTA paling banyak diminati karena dinilai mudah dalam proses pengajuan, cepatnya waktu pencairan dan membuat Anda tidak perlu repot-repot memikirkan barang apa yang bisa dijadikan agunan. Dengan ini Anda dapat mengatasi pengeluaran tidak terduga, memenuhi kebutuhan jangka pendek bahkan untuk modal bisnis sekalipun. Sebelum mengajukan kredit ini, Anda juga perlu memahami jenis-jenis KTA. Hal ini agar Anda tidak salah pilih. Ada dua jenis Kredit Tanpa Agunan (KTA) yaitu reguler dan payroll yang biasa ditawarkan oleh bank atau lembaga fintech.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) Reguler

Kredit Tanpa Agunan (KTA) Reguler adalah kredit tanpa agunan yang disediakan oleh pihak bank atau lembaga fintech untuk anda yang memerlukan dana cepat. Anda tidak perlu menjadi nasabah bank tertentu untuk mengakses pinjaman KTA, sehingga siapa pun bisa mengakses Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank atau lembaga tersebut. Tak heran, jika jenis ini banyak menjadi pilihan.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) Payroll

KTA payroll adalah jenis kredit tanpa agunan yang hanya dapat diajukan oleh karyawan dari suatu perusahaan yang menggunakan sistem payroll. Jenis ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk mendistribusikan gaji karyawan. Kelebihan jenis payroll dari Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah pencairan dana yang lebih besar dan cepat. Hal ini dikarenakan bank percaya bahwa pemohon bisa melunasi hutangnya selama masih menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Meski dinilai memberikan banyak keuntungan dan keunggulan, namun nyatanya Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah sistem kredit yang juga memiliki beberapa kelemahan yang bisa menjebak Anda. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA), perlu Anda pertimbangkan apa saja kriteria Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang baik.

Kriteria Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang Baik

Hampir semua bank atau lembaga fintech di Indonesia menyediakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA). Namun, jangan sampai Anda salah pilih sebab tidak semua Kredit Tanpa Agunan (KTA) memudahkan Anda. Alih-alih ingin mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dengan mudah, Anda malah dibuat kerepotan dengan syarat-syarat yang sangat rumit. Sebelum menjatuhkan pilihan untuk menggunakan Kredit Tanpa Agunan (KTA) di suatu bank atau lembaga fintech, alangkah baiknya untuk memahami syarat-syarat dan keuntungan apa saja yang bisa diperoleh dalam penggunaan Kredit Tanpa Agunan (KTA) di masing-masing bank. Setelah itu, pilih satu bank yang sekiranya paling cocok dengan Anda.

Hal yang paling penting dalam memutuskan penggunaan pinjaman tanpa jaminan alias KTA adalah suku bunganya. Akan menjadi hal yang percuma apabila Anda mengajukan pinjaman tanpa jaminan dengan suku bunga yang tinggi. Hal tersebut tentunya hanya akan menambah beban Anda di bulan-bulan selanjutnya. Pilihlah Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang memberi suku bunga yang kecil supaya biaya tersebut tidak terasa berat saat dibayar cicilannya.

Mengajukan pinjaman tanpa jaminan akan terasa lebih menguntungkan apabila biaya administrasi dan biaya asuransinya dibebaskan. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih bank atau lembaga fintech yang menawarkan bebas biaya administrasi dan asuransi supaya Anda tidak terbebani dengan biaya-biaya tersebut.

Syarat Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Sangat Mudah

Kredit Tanpa Agunan diberikan tanpa ada syarat pengajuan agunan dari calon debitur kepada kreditur. Hal ini tentu saja sangat membantu untuk Anda yang belum mempunyai aset seperti rumah atau mobil. Umumnya, syarat yang dipatok untuk pencairan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Minimal berusia 21 tahun dan maksimal 65 tahun ketika kredit lunas.
  3. Memiliki Kartu Tanpa Penduduk (KTP)
  4. Jika pengajuan lebih dari Rp. 50.000.000, wajib menyerahkan NPWP
  5. Berpenghasilan tetap minimal Rp2-3 juta per bulan.
  6. Pengajuan disarankan di bank yang sesuai dengan domisili

Syarat Pengajuan untuk Karyawan

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia minimal 21 dan maksimal 55 tahun saat masa kredit berakhir
  3. Berstatus sebagai karyawan tetap dan bekerja minimal selama 1 tahun
  4. Berpenghasilan minimal Rp3.000.000/bulan
  5. Memiliki KTP
  6. Memiliki NPWP apabila pinjaman lebih dari Rp. 50.000.000
  7. Memiliki akun DJP Online/BPJSTKU
  8. Jika tidak memiliki BPJSTKU, harus menyertakan mutasi rekening dan slip gaji

Syarat lainnya yakni pemohon diharuskan memiliki kartu kredit. Biasanya bank memberlakukan syarat ini agar bisa menilai kemampuan keuangan pemohon pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA). Sebagai parameter seberapa lancar tagihan kartu kredit dibayarkan. Bila tak pernah ada keterlambatan dan tagihan selalu dibayar lunas, kemungkinan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) cair bakal lebih tinggi.

Dana yang bisa dicairkan bisa lebih besar atas pertimbangan penggunaan kartu kredit yang disiplin dan bertanggung jawab. Karena itulah pemegang kartu kredit lebih besar peluangnya mendapatkan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Selanjutnya syarat yang sering kali tak disertakan secara eksplisit dalam pengajuan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA), yakni proses BI checking atau pengecekan riwayat kredit seseorang di pusat data Bank Indonesia. Disini, semua orang yang pernah mengakses pinjaman dari perbankan akan ada datanya di Bank Indonesia. Data itu mencakup kapan dan di mana pinjaman diakses, berapa besarnya, dan bagaimana pelunasannya.

Demikian penjelasan kami tentang apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA). Kesimpulannya, Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah produk layanan kredit yang diberikan bank kepada nasabah tanpa agunan atau jaminan. Proses pengajuannya memang terbilang mudah dibandingkan produk lainnya. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan beberapa hal agar pengajuan KTA-mu diterima oleh kreditur. Mengingat produk pinjaman ini banyak diminati, maka tidak semua orang bisa mendapatkan persetujuan. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pengajuan, pastikan Anda telah sesuai dengan berbagai persyaratannya Pastikan pula untuk tak lupa membayar angsuran dan melunasinya tepat waktu. Jika tidak, risiko biaya keterlambatan justru akan membebankan cicilan Anda.

Lainnya

5 Cara Menabung untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

BY ANDERSON SEBASTIAN

5 Manfaat Jalan Kaki Bagi Lansia yang Harus Diketahui

BY PUTRI

Kaya akan Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Bayam dan Cara Mengolahnya

BY PUTRI