whatsapp

KESEHATAN

Menjaga Gaya Hidup Sehat di Usia Tua

BY PUTRI / 30 May 2022

Menjaga Gaya Hidup Sehat di Usia Tua

Mengapa gaya hidup sehat sangat penting, terutama di usia tua?

Saat ini, orang pada umumnya memiliki harapan hidup yang lebih panjang. Apalagi, menurut analisis penelitian yang dilakukan oleh Mini Jacob untuk menyelesaikan studi doktornya, korelasi antara gaya hidup sehat dan penuaan tidak dapat disangkal. Analisis menunjukkan bahwa mereka yang memiliki gaya hidup paling sehat memiliki umur yang lebih panjang dan juga mengalami sakit yang lebih ringan dibandingkan dengan rekan mereka yang menjalani pola hidup tidak sehat.

Bukankah itu menginspirasi Anda untuk fokus pada gaya hidup yang lebih sehat? Kabar baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat.

Menurut Dr. Margaret Moore, yang merupakan penasihat Program Penuaan Sehat untuk Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit (CDC), ada berbagai cara untuk meningkatkan kesehatan Anda melalui pola makan yang sehat, olahraga, dan banyak lagi.

 

Perubahan apa yang terjadi sewaktu kita mengalami penuaan?

Bahkan pada usia yang muda, kurangnya aktivitas fisik dan olahraga teratur, serta pola makan yang buruk dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan serangan jantung, kurangnya aktivitas seksual, dan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan yang buruk.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk benar-benar menghargai nilai gaya hidup sehat, dan mengakui perubahan yang terjadi dalam diri Anda seiring bertambahnya usia. Ketika Anda menyadari 

adanya perubahan, maka Anda tidak akan terkejut oleh perubahan tersebut. Perubahan hidup ini bersifat fisik dan emosional. Secara emosional, kita berjuang dengan kehilangan orang yang kita cintai, karir kita, dan kemandirian kita. Secara fisik, tubuh kita tidak akan seoptimal ketika kita masih muda.

Terlepas dari perubahan ini, kehidupan yang berkualitas dan memuaskan masih dalam jangkauan kita. Pada artikel ini, kita melihat cara menjalani hidup kita selama hari-hari sulit dengan mempertahankan gaya hidup sehat.

 

Konsumsi makanan yang sehat dan tinggi serat

Saat ini sangat penting bagi kita untuk memiliki kebiasaan makan yang sehat. Namun, seiring bertambahnya usia, beberapa perubahan terjadi, seperti metabolisme yang lebih lambat serta perubahan indera penciuman dan perasa yang dapat memengaruhi nafsu makan.

Jika Anda bisa membuat makanan sendiri, kuncinya adalah diet Anda tinggi serat, sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak (daging). Makanan ini akan membuat Anda tetap energik sekaligus membantu pencernaan Anda agar lebih lancar.

Pastikan untuk menghidrasi bahkan ketika Anda tidak merasa haus, air menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi sekaligus membuat kulit Anda halus dan tampak muda. Penting untuk membuat makanan Anda terasa enak dan terlihat menarik untuk mendorong nafsu makan Anda.

Hal menyenangkan lainnya adalah makan bersama teman, keluarga, atau tetangga. Dengan cara ini, Anda dapat tetap berhubungan dengan mereka dan Anda lebih terdorong untuk makan meskipun nafsu makan Anda berkurang.

Manfaat lain dari makan dengan benar adalah Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat, yang kemudian dapat mengurangi risiko beberapa jenis radang sendi dan diabetes. Hindari merokok—rokok sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Rokok dapat membuat Anda rentan terhadap kanker paru-paru, penyakit jantung, osteoporosis, dan bronkitis. Bahan kimia dalam rokok juga merusak kulit sehingga membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

 

Tetaplah bergerak aktif

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia membuktikan bahwa olahraga menjadi kontributor nomor satu untuk memperpanjang umur Anda. Jika Anda belum pernah berolahraga sebelumnya, tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Olahraga memiliki banyak manfaat, antara lain:

  1. Dapat mencegah kehilangan memori (demensia).
  2. Merangsang hormon endorfin
  3. Membantu mengurangi rasa/ gejala penyakit kronis.
  4. Meningkatkan massa otot dari latihan beban
  5. Meningkatkan metabolisme.

Berlatih yoga, misalnya, mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi seperti radang sendi dan fibromyalgia. Mulailah dari yang kecil dan kemudian kembangkan seiring berjalannya waktu. Lakukan sesuatu yang Anda sukai untuk membuat Anda tetap termotivasi seperti bersepeda, bermain golf, berjalan-jalan dengan hewan peliharaan, berkebun, atau berenang.

Berolahraga dengan teman atau anggota keluarga atau bergabung dengan kelas dengan cara ini Anda dapat saling memotivasi. Yoga juga merupakan bentuk latihan yang bagus. Otot-otot kita menegang dan memendek ketika kita tidak berolahraga tetapi peregangan memperbaikinya. Peregangan lima menit setiap hari dapat membuat perbedaan.

 

Asah Kemampuan Otak Anda

Jaga agar otak Anda tetap aktif. Kreativitas adalah kuncinya, terutama sekarang setelah Anda pensiun dan tidak lagi tertantang oleh karier Anda. Sementara latihan fisik membantu menjaga otak Anda tetap waspada, aktivitas lain seperti permainan kata, teka-teki silang, belajar bahasa baru, mempelajari keterampilan baru membuat otak Anda tetap kuat.

Tetap positif dan terkoneksi dengan orang-orang disekitar

Ada banyak tantangan sulit yang datang seiring bertambahnya usia, seperti kehilangan orang yang Anda cintai, kemandirian Anda, dan kesehatan Anda. Terlepas dari semua hal ini, kita harus tetap kuat dan mencoba untuk menavigasi melalui tantangan ini. Berikut adalah beberapa tips:

  • Terimalah segala perubahan yang telah terjadi didalam hidup Anda meskipun ini akan sulit. Menerima dan melepaskan hal-hal yang berada di luar kendali Anda akan mengurangi tingkat stres Anda.
  • Memvalidasi perasaan yang sedang dirasakan, terutama setelah kehilangan. Jangan mengubur emosi Anda; menghadapi perasaan itu adalah satu-satunya cara yang sehat untuk mengatasinya. Bicaralah dengan teman, anggota keluarga, atau profesional. Membuat jurnal juga dapat membantu.
  • Pertahankan apa yang menjadi tujuan Anda, jangan hanya karena Anda telah pensiun bukan berarti hidup Anda tanpa tujuan. Anda masih memiliki banyak kontribusi untuk dunia. Sekarang akan menjadi waktu yang tepat untuk menulis memoar Anda, merenungkan pengalaman hidup Anda dan pelajaran yang telah Anda pelajari dari mereka. Anda sekarang memiliki lebih banyak waktu untuk menghabiskan waktu dengan anggota keluarga Anda (keponakan, cucu, keponakan) Anda dapat mengambil hobi baru atau fokus pada hobi lama, Anda dapat bepergian dan melihat kota atau negara Anda, atau Anda dapat mempelajari bahasa, olahraga, atau alat musik baru. Anda sekarang punya waktu untuk mengunjungi museum, pergi ke konser, atau bermain. Kegiatan-kegiatan ini akan membantu Anda mempertahankan rasa gembira.

Menciptakan gaya hidup sehat tidak harus berarti melakukan perubahan secara drastis. Anda dapat sedikit demi sedikit beradaptasi untuk berubah menuju arah yang lebih baik ketika hal itu tidak mengharuskan Anda untuk merombak seluruh hidup Anda. Pilih saja satu hal dan kerjakan satu hal itu setiap hari, biarkan sisa hidup dan kebiasaan Anda tetap sama. Anda mungkin terkejut bahwa perubahan kecil itu benar-benar dapat membuat perbedaan.

Lainnya

DIJULUKI WANITA TERKAYA VERSI FORBES, INILAH 5 SUMBER KEKAYAAN KIM KARDASHIAN

BY PUTRI

Selamat Hari Koperasi Nasional ke- 75, Ini Sejarah Singkat Koperasi Indonesia dan Ketahui Jenis-Jenisnya

BY PUTRI

Bosan Nonton Tv? Coba Nonton Film Gratis di Situs Ini

BY PUTRI