whatsapp

Tips Hidup Sehat Di Masa Pensiun

Tips Hidup Sehat Di Masa Pensiun

07 Oct 2020 | Anderson Sebastian

       Banyak orang yang bilang bahwa hidup sehat di masa pensiun itu sulit, Belum tentu! Sebenarnya kita bisa tau loh bagaimana caranya untuk meningkatkan kesehatan di masa pensiun ini, banyak hal-hal yang mudah dan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang yang banyak. Bagi anda yang akan memasuki masa-masa pensiun nikmatilah masa pensiun kalian dengan sehat agar apa yang menjadi hasil jerih payah kalian di masa muda tidak akan sia-sia begitu saja! Pada penjelasan kali ini, kita mau merangkum untuk nih bagaimana sih caranya menikmati hidup sehat di Masa Pensiun. Berikut adalah Tips selengkapnya.Banyak orang yang bilang bahwa hidup sehat di masa pensiun itu sulit, Belum tentu! Sebenarnya kita bisa tau loh bagaimana caranya untuk meningkatkan kesehatan di masa pensiun ini, banyak hal-hal yang mudah dan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang yang banyak. Bagi anda yang akan memasuki masa-masa pensiun nikmatilah masa pensiun kalian dengan sehat agar apa yang menjadi hasil jerih payah kalian di masa muda tidak akan sia-sia begitu saja! Pada penjelasan kali ini, kita mau merangkum untuk nih bagaimana sih caranya menikmati hidup sehat di Masa Pensiun. Berikut adalah Tips selengkapnya.

1.  Mengkonsumsi makanan bernutrisi.

       Sayur dan buah segar justru baik untuk dikonsumsi lebih sering, Menanam sayuran sendiri juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menguntungkan. Selain itu sayur-sayuran dan buah-buahan dapat di tanam sendiri dirumah dan bisa kalian nikmati kapan saja ketika sudah memasuki musim buah-buahan atau sayur tersebut. Maka dari itu kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk membeli kepasar.

2.  Berolahraga secara teratur.

       Berjalan kaki dan bersepeda bersama teman sesama orang lanjut usia (lansia) dapat menjadi aktivitas yang menjaga tubuh tetap bugar sekaligus dapat saling memotivasi. Selain itu berjalan kaki dan bersepeda adalah olahraga dengan resiko yang paling minim jika dilakukan oleh lansia, Olahraga ringan dapat membantu untuk dapat membuat aliran darah menjadi lancar, dan juga ketika olahraga itu dilakukan bersama-sama dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan. Eh tapi ingat! Olahraga juga harus dilakukan dengan Streching/Pemanasan terlebih dahulu ya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti cedera, keseleo, dll.

3.  Tetap mengonsumsi obat/vitamin.

       Jika Anda kekurangan vitamin atau mineral tertentu dan pola makan yang diubah belum mencukupi kebutuhan nutrisi, belilah suplemen sesuai dengan kebutuhan Anda. Konsultasikan pada dokter jika Anda ragu atau butuh petunjuk lebih. Memang diusia pensiun mengonsumsi obat dan juga vitamin adalah hal yang lazim dan banyak dilakukan oleh sebagian orang, tetapi anda juga harus ingat bahwa tidak sembarang vitamin dan obat bisa di gunakan oleh para lansia.

4.  Cukup istirahat.

       Kemampuan konsentrasi hingga stres bersumber dari istirahat yang cukup. Masa pensiun adalah waktu yang sempurna untuk lebih membiasakan diri tidur dan bangun di jam yang sama, tanpa tergesa-gesa atau keharusan lembur. Karena istirahat merupakan salah satu hal yang penting yang harus dilakukan oleh lansia di masa pensiun, karena ketika fisik semakin tua, semakin perlu untuk mengistirahatkan badan dari kegiatan-kegiatan yang setiap harinya dilakukan, Istirahat yang cukup ini bisa dilakukan dengan hanya tidur 1 jam disiang hari, sehingga badan akan kembali Fresh setelah tidur.

5.  Rutin Check-up.

       Rutinlah melakukan medical check up dan memeriksa gigi Anda. Lakukan pula tes rutin untuk kanker, jantung, diabetes dan penyakit yang seringkali menyerang para lanjut usia lainnya. Karena Check-up sudah menjadi hal yang wajib dilakukan bagi para lansia, karena memang kita tahu bahwa kita tidak bisa tau kapan penyakit itu akan datang ke tubuh kita, maka dari itu, Rutin Check-up 6 bulan sekali adalah hal yang perlu dilakukan untuk para lansia, jadi jangan malas untuk Check-up ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Minggu Ini Vaksin Covid-19 bagi Lansia Siap Dilakukan, Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan?

Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Ingin Masa Pensiun kalian Tenang, Kaya dan Bisa Liburan? Berikut Tips-nya !