Miliki Bisnis Anda Sekarang

Anda bingung untuk memulai suatu usaha dimasa pensiun ? Bingung karena modal ? Atau sudah mengajukan ke Bank tapi selalu ditolak ? Tidak perlu khawatir Bapak/Ibu, klik tombol "Daftar" sekarang juga dan kami siap membantu anda!

Daftar

26 Oct 2020 | Oleh Anderson Sebastian

Cara Menabung yang baik di Masa Pensiun

Pada akhirnya, setiap pekerja akan masuk ke masa yang namanya pensiun. Mungkin selintas sebutan pensiun adalah saatnya untuk beristirahat dan menikmati hari tua setelah puluhan tahun bekerja. Bahkan, sebagian kalangan ingin agar saat pensiun kelak sudah punya aset yang nilainya besar atau hingga miliaran rupiah. Tentu, itu bukanlah hanya sebatas angan belaka asal tahu cara mencapainya.

 

Sisihkan gaji untuk menabung dengan disiplin

 

Niat saja tidak cukup, tapi menabung harus disertai disiplin untuk mewujudkan keinginan punya banyak uang pada masa pensiun. Jadi, kesampingkan hal-hal yang sekiranya tidak begitu penting dan diperlukan agar terhinda yang namanya ‘gaji numpang lewat’ saja. Setidaknya sisihkan 20 persen bahkan lebih tergantung besarnya gaji Anda untuk rutin di tabung setiap bulan. Lakukan secara konsisten, maka usaha Anda untuk punya banyak uang pensiun bukan angan belaka.
 

Kurangi pengeluaran harian yang tidak mendesak

 

Bagi yang bergaji besar mungkin tidak terlalu bingung mengatur pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan. Tapi tentu tidak bagi yang bergaji pas-pasan. Nah, agar target mencapai dan pensiun yang besar, maka buatlah pengeluaran yang sesuai. Artinya, kurangi pengeluaran yang tidak sepenuhnya diperlukan. Seperti halnya sekedar keinginan makan di restoran, kongko di kafe, dan lainnya. Tentu saja, sesekali melakukan itu tidak ada masalah. Tapi kalau terlalu sering bukanlah hal yang bijak. Hasilnya bisa ditambahkan ke tabungan. Maka, jumlah tabungan yang Anda miliki pun akan semakin besar karena selain dari dana khusus untuk tabungan, juga dari hasil pengeluaran yang bisa dipangkas.
 

Jangan segan ikut asuransi

 

Jika Anda ragu untuk menyimpan uang Anda sendiri dikarenakan takut “khilaf”, maka menggunakan jasa asuransi bisa jadi solusi yang tepat. Dengan asuransi, maka Anda seperti 'dipaksa' untuk menyimpan baik-baik uang Anda dan baru bisa menggunakannya tatkala sudah benar-benar membutuhkannya. Contohnya adalah asuransi untuk jaminan hari tua. Cara ini juga efektif agar membuat Anda lebih nyaman dan aman menghadapi hari tua.
 

Tak masalah mulai dengan sedikit dahulu

 

Tentu tak asing lagi dengan ungkapan “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Ungkapan tersebut sepertinya paling pas untuk menggambarkan bagaimana manfaat dari kebiasaan menabung. Contoh riilnya, masih ingat berita seorang bapak yang membeli 1 unit motorsport dengan uang koin hasil ia menabung selama kurang lebih 5 tahun? Dari situ saja kita sudah bisa melihat sekecil apapun uang yang Anda sisihkan, tetap saja akan memberikan manfaat yang besar di kemudian hari.
 

Bulatkan tekad anda

 

Semua akan tampak hanya sebatas mimpi jika Anda tidak punya tekad kuat untuk menjalaninya. Apalagi di era seperti sekarang ini yang dimanjakan dengan berbagai kemudahan membeli sesuatu, sehingga berdampak pada menabung terkadang jadi hal yang susah-susah gampang. Maka, bulatkan tekad untuk melakukannya. Demikian sedikit tips untuk mempersiapkan masa pensiun Anda agar senantiasa nyaman dan bahagia. Jadi, mulailah menabung dari sekarang untuk masa depan yang gemilang dan hari tua yang mapan. Selamat menabung!
 

Minggu Ini Vaksin Covid-19 bagi Lansia Siap Dilakukan, Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan?

Minggu Ini Vaksin Covid-19 bagi Lansia Siap Dilakukan, Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan?

Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Ingin Masa Pensiun kalian Tenang, Kaya dan Bisa Liburan? Berikut Tips-nya !

Ingin Masa Pensiun kalian Tenang, Kaya dan Bisa Liburan? Berikut Tips-nya !